Jumat, 20 Februari 2009

MENUJU SSN SMP N 1 SEYEGAN


PENINGKATAN MUTU SMP NEGERI 1 SEYEGAN

MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL

Assalamualaikum Wr.Wb
Untuk meningkatkan mutu pendidikan kita harus bekerjasama dan saling mendukung . Jika pemerintah sudah berupaya keras melalui beberapa cara agar pendidikan meningkat sudah seharusnyalah kita yang ada dilapisan bawah ini menyambut dengan semangat dan rasa suka, selanjutnya kita upayakan dapat melaksanakan dengan baik dan melanjutkan untuk waktu yang akan datang

Progran School grant ini kami angap sangat tepat sebab pada saat keadaan ekonomi masyarakat kita dalam keadaan yang kurang baik dan kemampuan sekolah dalam mengelola dan mendapatkan dana untuk meningkatkan mutu belum tentu dapat tercapai seperti yang diharapkan pemerintah memberi subsidi untuk meningkatkan mutu hal ini sangat kami rasakan manfaatnya begitu juga untuk anak didik kami yang sebagian besar kemampuan keuangannya kurang.

Semoga dengan adanya bantuan dari pemerintah ini dapat menambah semangat semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya sekolah kita ini..

Selanjutnya dalam kami menjalankan program ini kami selalu mengharap bimbingan dan saran dari Tim Tingkat diatas kami agar program ini dapat kami laksanakan dengan baik. Selain itu kami juga berharap mendatakan pengawasan dalam menjalankan program ini agar apa yang kita rencanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan dan aturan yang ada.
Wassalamualaikum Wr.Wb.


IDENTITAS SEKOLAH

NAMA LEMBAGA : SMP NEGERI 1 SEYEGAN

TIPE : B

NOMOR IDENTITAS LEMBAGA : 20.10.40.30.70.13 -P

ALAMAT LENGKAP : KASURAN, MARGOMULYO

SEYEGAN

SLEMAN

D.I YOGYAKARTA

KODE POS : 55561

TELEPON : 0274 4364703/ 0274 7490621

E-MAIL : smpn_1_seyegan@yahoo.co.id

NAMA KEPALA SEKOLAH : SRI SUWARNI, BA.

NIP KEPALA SEKOLAH : 130531006

TELEPON KEPALA SEKOLAH : HP 085228369869

NOMOR REKENING BANK : 3063-01-011979-53-2

NAMA BANK : BRI UNIT SEYEGAN

ATAS NAMA : SMP NEGERI 1 SEYEGAN


RENCANA

KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS I)

TAHUN 2008-2012

SMP NEGERI 1 SEYEGAN

A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

- Terjalin kerjasama yang baik antara masyarakat sekitar, wali murid, pengurus komite dan sekolah

- Tingkat ekonomi masyarakat pada taraf menengah ke bawah

- Kondisi geografis lingkungan sekolah berada pada lingkungan yang sangat mendukung, satu kecamatan hanya ada satu SMP negeri

- Keamanan sangat mendukung

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

- Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan nyaman

- Nilai rata-rata hasil Ujian Nasional 7,26

- Jumlah guru mencukupi dan mengajar sesuai dengan jurusannya

- Masih ada 31 % guru yang belum berkualifikasi S1

- Jumlah tata usaha saat ini ada 9 orang idealnya 10 orang

- Ruang kelas ada 18, baik 16, rusak 2, ruang ketrampilan rusak ,Gudang, Aula Tempat Ibadah belum baik , ruang musik belum punya, Lab bahasa , Ruang multi media belum punya.

- Ruang Lab IPA, Perpustakaan, Ruang Guru, Ruang TU Ruang Kepala Sekolah, Baik

- Sumber dana sekolah berasal dari, pusat, komite, BOS, Rutin, Block Grant dan dana yang lain

- Jumlah peserta didik 659 siswa, angka pelanggaran disiplin 10 %

- Peranan komite sekolah sangat aktif mendukung kemajuan pendidikan

- Media pembelajaran masih kurang

- Perangkat pembelajaran belum tersusun secara keseluruhan

C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN YANG DIHARAPKAN 4 TAHUN KEDEPAN


- Kurikulum yang dijalankan telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan

- Proses pembelajaran sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, yaitu semua guru telah melaksanakan CTL

- Prestasi akademik atau nilai rata-rata Ujian Nasional 7,85

- Prestasi non akademik sekolah ( keagamaan, seni dan olah raga ) mencapai juara tingkat kabupaten

- Semua guru telah memiliki kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial sesuai Standar Nasional Pendidikan. Semua guru S1 dan sudah sertifikasi.

- Memiliki ruang computer yang memadai, ruang BK yang memadai dan ruang OSIS, laboratorium bahasa yang lengkap, perbaikan mushola, aula, ruang kantin, pengecatan ruang kelas dan ruang kantor dan memiliki jaringan internet, perkebunan sebagai penghijauan serta penambahan jumlah perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

- Pengelolan sekolah telah menerapkan manajemen berbasis sekolah

- Pembiayaan memenuhi standar nasional pendidikan yaitu diatas Rp 150.000 per bulan per anak

- Guru dan sekolah telah melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan

- Terpasang Paket Aplikasi Sekolah (PAS)

D. VISI : BERPRESTASI , TERAMPIL , BERBUDAYA BERDASARKAN IMAN

DAN TAQWA

Indikator :

1. Bermutu tinggi dalam perolehan nilai akademis.

2. Unggul dalam bidang ketrampilan

3. Unggul dalam bidang budaya.

4. Unggul dalam bersikap dan berperilaku yang dilandasi iman dan taqwa.

E. MISI :

1. Mewujudkan peningkatan kualitas tamatan.

2. Membentuk generasi yang cerdas, terampil, kreatif, berdedikasi, dan cinta tanah air.

3. Memiliki siswa yang terampil dalam bidang seni budaya

4. mewujudkan budaya tertib dan disiplin.

5. Membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa, mandiri, hormat dan santun kepada orang tua, keluarga dan cinta almamater.

Indikator :

1. Mewujudkan lulusan yang cerdas dan kompetitif

2. Terwujudnya penyelengaraan sekolah sesuai dengan KTSP

3. Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien

4. Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir

5. Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan

6. Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan

7. Terwujudnya standar penilaian pendidikan

8. Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai

9. Terwujudnya budaya mutu sekolah

10. Terwujudnya lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman, aman, rindang, asri, bersih, dll

F. TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN

1. Melaksanakan dan mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

2. Menghasilkan penyelenggaraan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan

3. Pencapaian standar pencapaian ketuntasan kompetensi dan kelulusan ( 8,20 )

4. Pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi : semua guru telah berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK dan mengajar sesuai bidangnya

5. Pencapaian standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi semua sarpras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi standar pendidikan nasional

6. Pencapaian standar pengelolaan sekolah meliputi pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan dan administrasi

7. Pencapaian standar pembiayaan yang mencukupi sesuai dengan standar nasional pendidikan

8. Menghasilkan system penilaian yang autentik

9. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, indah, asri, rindang,sejuk dan nyaman

G. PROGRAM STRATEGIS

1. Pemenuhan SKL SMP:

a. Peningkatan prestasi bidang akademik

b. Peningkatan prestasi bidang non akademik

c. Peningkatan jumlah kelulusan

d. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi

2. Pemenuhan Standar Isi:

a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)

b. Pengembangan silabus

c. Pengembangan RPP

d. Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya

e. Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar

3. Pemenuhan Standar Proses:

a. Pemenuhan persiapan pembelajaran

b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran

c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran

d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran

e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran

4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:

a. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)

b. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)

c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya

5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:

a. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal

b. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya

c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian

6. Pemenuhan Standar Pengelolaan:

a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah

b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah

c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah

d. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan

e. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)

f. Pengembangan SIM sekolah

g. Pengembangan standar ISO: 9001 tahun 2000 dan seterusnya

7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:

a. Peningkatan sumber dana pendidikan

b. Pengembangan pengalokasian dana

c. Pengembangan penggunaan dana

d. Peningkatan pelaporan penggunaan dana

e. Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana

f. Pengembangan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah

8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:

a. Peningkatan frekuensi ulangan harian

b. Peningkatan pelaksanaan UTS

c. Pengembangan materi UAS

d. Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas

e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas

f. Pengembangan instruman ulangan harian

g. Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas

h. Pengembangan instrumen UTS

i. Pengembangan instrumen UAS

j. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru

k. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah

l. Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian

9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:

a. Pengembangan budaya bersih

b. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)

c. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi

d. Penciptaan budaya tata krama “in action”

e. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K

f. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll

H. STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN

A. Pemenuhan SKL SMP:

Strategi Pelaksanaan :

1. Mengaktifkan pertemuan MGMP sekolah

2. Mengadakan tambahan jam belajar sore hari (les)

3. Mengadakan Try Out Mata Pelajaran UN

4. Menetapkan standar ketuntasan minimal

5. Menjalin kerjasama dan mengoptimasikan pendalaman materi untuk persiapan lomba-lomba bidang akademik

6. Mengoptimasikan siswa berbakat yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba-lomba bidang non akademik

B. Peningkatan Standar Isi

Strategi Pelaksanaan :

1. Menjalin kerjasama dengan Komite Sekolah dan stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, seminar untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

2. Menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK, KD, membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model penilaian, melalui workshop untuk menghasilkan dokumen kurikulum sekolah

3. Melaksanakan class teaching untuk pemenuhan beban mengajar 24 jam

4. Menyusun dan menetapkan beban belajar

C. Peningkatan Standar Proses Pendidikan

Strategi Pelaksanaan :

1. Memberi pembekalan kepada guru tentang metode atau strategi pembelajaran kontekstual atau CTL,PAIKEM, penilaian proses melalui workshop

2. Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran yang bervariasi

3. Mengadakan tambahan buku-buku referensi sebagai sumber belajar

4. Menyusun dan menyiapkan model-model pengelolalan atau manajemen kelas

5. Melaksanakan class teaching untuk pemenuhan beban mengajar 24 jam

6. Menyusun dan menetapkan beban belajar

D. Pengembangan dan Peningkatan SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Strategi Pelaksanaan :

1. Menjalin kerjasama dan mengoptimalisasikan SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui workshop, lokakarya, seminar atau training untuk meningkatkan kompetensi

2. Meminta tambahan tenaga TU

3. Aktif mengikuti workshop, seminar atau training untuk kepala sekolah

E. Pengembangan Sarana, Prasarana dan Media Pendidikan

1. Membuat media pembelajaran untuk semua mata pelajaran

2. Merenovasi prasarana ( ruang ketrampilan,OSIS, BK, kantin, gudang dan mushola )

3. Pembangunan ruang multimedia, laboratorium bahasa, musik, komite, jaga malam dan ruang pramuka .

4. Menambah peralatan laboratorium computer, IPA, Media Lab bahasa dan multimedia Membuat media pembelajaran untuk semua mata pelajaran.

5. Mengadakan peralatan pembelajaran yang diperlukan

6. Tamanisasi dan penghijauan di lingkungan sekolah

7. Menambah peralatan laboratorium computer.

8. Mengadakan computer untuk ruang Kepala Sekolah, guru, OSIS, Perpustakaan, Laboratorium IPA dan BK.

9. Menambah buku-buku penunjang untuk semua mata pelajaran

10. Mengadakan jaringan internet

F. Pengembangan pengelolaan Sekolah

1. Pengembangan atau pembuatan rencana pengembangan sekolah ( RPS ) tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang

2. Pengembangan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas

3. Pengembangan dan melengkapi struktur dan keorganisasian sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah

4. Pengembangan dan melengkapi administrasi sekolah

5. Implementasi MBS mengenai kemandirian / otonomi sekolah, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/kerjasama, fleksibilitas dan kontinyuitas baik mengenai program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah

6. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah

7. Pelaksanaan supervise klinis oleh kepala sekolah

8. Peningkatan partisipasi masyarakat, pemberdayaan komite sekolah , dan kemitraan

9. Membuat jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah

10. Implementasi model-model manajemen yang pada dasarnya mengembangkan aspek-aspek manajemen untuk pengembangan standar-standar pendidikan

11. Mengembangkan Income Generating Activities atau unit-unit produksi/usaha di sekolah maupun kerjasama dengan pihak lain untuk menggalang partisipasi masyarakat

G. Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan

1. Mencari donator tetap maupun tidak tetap untuk ikut serta dalam pembiayaan penyelenggaraan pendidikan

2. Mencari sponsor

3. Membuka usaha-usaha di sekolah melalui koperasi siswa, kantin dan koperasi guru dan karyawan

4. Menjalin kerjasama dengan alumni yang telah berhasil dalam usaha.

H. Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan

1. Membuat model-model penilaian melalui workshop

2. Melaksanakan model evaluasi pembelajaran

3. Membuat perangkat soal-soal dengan mengaktifkan MGMP sekolah

4. Mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau BSNP

I. Pengembangan budaya dan lingkungan

1. Melaksanakan penghijauan

2. Mengadakan lomba 7 K antar kelas.

3. Pengembangan sanitasi dan tamanisasi

4. Meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah

5. Meningkatkan budaya tata krama (senyum, sapa, salam,sopan, santun )

I. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN

I. Standar Kompetensi Lulusan

1. Sekolah meningkatkan prestasi akademik

a. Sekolah menetapkan KKM untuk kelas 7, 7,2 untuk semua mapel

b. Sekolah menetapkan KKM untuk kelas 8, 7,3 untuk semua mapel

c. Sekolah menetapkan KKM untuk kelas 9, 7,4 untuk semua mapel

d. Sekolah meningkatkan pencapaian nilai rata-rata UN 7,32

e. Sekolah meningkatkan prestasi bidang matematika

f. Sekolah meningkatkan prestasi bidang IPA

2. Sekolah menungkatkan prestasi bidang non akademik

a. Sekolah meningkatkan perolehan kejuaraan di bidang keagamaan

b. Sekolah memperoleh juara ke-2 tingkat kabupaten bidang karate

c. Sekolah memperoleh juara ke-2 tingkat kabupaten bidang bulu tangkis

d. Sekolah memperoleh juara ke-2 tingkat kabupaten bidang bahasa Inggris

e. Sekolah memperoleh juara ke-2 tingkat kabupaten bidang tonti

c. Sekolah meningkatkan jumlah kelulusan 100 %

d. Sekolah meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%

II. Standar Isi

1. Sekolah mengembangkan dokumen-1 KTSP.

2. Guru mengembangkan Silabus.

3. Guru mengembangkan RPP.

4. Guru mengembangkan LKS dan Modul.

5. Guru mengembangkan Panduan Evaluasi Hasil Belajar.

III. Standar Proses

1. Pemenuhan persiapan pembelajaran

2. Pemenuhan persyaratan pembelajaran

3. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran

4. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran

5. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran

IV. Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1. Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah.

2. Meningkatkan kompetensi guru

3. Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan

V. Standar Sarana dan Prasarana

1. Membangun ruang kesenian

2. Melengkapi Lab Komputer dengan komputer dan akses internet

3. Membangun Ruang Multi Media

4. Membangun Laborat Bahasa.

5. Melengkapi komputer ruang kepala sekolah, guru , laborat, Osis dan BK

6. Melengkapi ruang kelas dengan LCD dan Laptop

7. Penambahan daya listrik.

8. Membangun Musholla ditempat yang strategis

9. Membangun Kantin

10. Merehap ruang kelas dan ruang ketrampilan

11. Menata taman dan penghijauan

VI. Standar Pengelolaan

1. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan kelengkapandokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan.

2. Sekolah mampu memenuhi dan mengembangkan struktur organisasi dan mekanisme kerja (pendayagunaan SDM).

3. Sekolah mampu memenuhi dan meningkatkan pelaksanaan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah.

4. Sekolah mampu meningkatkan kelengkapan administrasi dan kerjasama kemitraan dan peran serta masyarakat.

5. Sekolah mampu melaksanakan imolementasi MBS.

6. Sekolah mampu mengadakan program PAS dan jaringan SIM.

VII. Standar Keuangan dan Pembiayaan

1. Sekolah meningkatkan sumber dana pendidikan

2. Sekolah mengalokasikan dana dalam SNP

3. Sekolah menggunakan dana sesuai dengan rencana

4. Sekolah embuat pelaporan dana secara rutin

5. Sekolahmeningkatkan penyertaan dokumen pendukung penggunaan dana

6. Sekolah meningkatkan income generating unit / usaha produksi sekolah


VIII. Standar Penilaian Pendidikan


1. Guru mampu melaksanakan ulangan harian pada setiap mata pelajaran yang diampu.

2. Guru mampu melaksanakan UTS semua mapel.

3. Guru mampu mengembangkan materi UAS sesuai mata pelajaran yang diampu.

4. Guru mampu meningkatkan penguasaan materi ulangan kenaikan kelas terhadap siswanya yang saat ini hanya 90 % menjadi 100 % (untuk siswa kelas VII dan VIII).

5. Sekolah mampu mengembangkan eknik-teknik penilaian terutama teknik penilaian portofolio.

6. Sekolah mampu mengembangkan instrumen ulangan harian.

7. Guru mampu mengembangkan instrumen ulangan tengah semester semua mata pelajaran untuk semua jenjang/kelas/tingkat.

8. Guru mampu mengembangkan instrumen UAS untuk semua mata pelajaran semua jenjang/kelas/tingkat.

9. Sekolah mampu mengembangkan perangkat pendokumentasian penilaian.

IX. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah

1. Sekolah mampu untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang indah, bersih, nyaman dan sejuk.

2. Sekolah mampu untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, indah dan sehat.

3. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan terwujud suasana yang sejuk.

4. Sekolah mampu mewujudkan siswa lebih bersifat santun dimana saja berada agar berbudi pekerti yang luhur.

5. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan yang lebih sempurna dan sebagai sarana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan lingkungan sekolah yang baik.

6. Sekolah mampu mewujudkan lomba-lomba kebersihan dan kesehatan, agar berpacu dalam kebaikan.